Parindu adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia.  Ibu kota Kecamatan ini terletak di desa Pusat Damai. Dan nama Parindu diambil dari nama dua suku Dayak terbesar di kabupaten sanggau yaitu suku Dayak Pandu dan Dayak Ribun. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Meliau di Utara, Kecamatan Bonti di Selatan, Kecamatan Tayan Hulu di Barat, dan Kecamatan Kapuas di Timur.                                                                                                                            

Luas wilayah Kecamatan Parindu adalah 1.133,3 Km2 yang terbagi menjadi 14 Desa yaitu Desa Pusat Damai, Desa Hibun, Desa Maringin Jaya, Desa Dosan, Desa Palem Jaya, Desa Suka Gerundi, Desa Rahayu, Desa Gunam, Desa Marita, Desa Maju Karya, Desa Embala, Desa Pandu Raya, Desa Sebarra, dan Desa Suka Mulya. Dan memiliki 70 Dusun. Jumlah penduduk Kecamatan Parindu sebanyak 35.967 jiwa terdiri dari laki-laki 18.318 jiwa dan perempuan 17.649 jiwa dengan jumlah kepala keluarga 10.328. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani dan buruh perkebunan kelapa sawit.

Kecamatan Parindu dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 21/PEM-1-1962 tertanggal 26 Oktober 1962. Pada saat pembentukan Kecamatan, sarana dan prasarana belum tersedia sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan bergabung dengan Kecamatan Kapuas. Pada tahun 1964 baru diresmikannya Kantor Camat Parindu yang berkedudukan di Desa Pusat Damai.

Prasarana transportasi Kecamatan Parindu dilalui oleh ruas jalan Provinsi yaitu jalan Pontianak-Sanggau dan jalan tembus Parindu-Meliau yang menghubungkan antara Kecamatan Parindu dan Kecamatan Meliau dan jalan Parindu-Bonti yang menghubungkan Kecamatan Parindu dan Kecamatan Bonti. Sedangkan jalan-jalan desa pada umumnya belum beraspal.