Pembinaan Desa di Kecamatan Parindu

PEMBINAAN DESA DI KECAMATAN PARINDU

Bertempat di Kantor Desa Palem Jaya dan Desa Sebarra, Sekcam Parindu Laurianus Yoka,SH berserta Kasi Ekbang Ahin melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka pembinaan desa dalam rangka mengidentifikasi persoalan yang dihadapi desa dalam tata penyelenggaraan administrasi desa secara berturut-turut, Desa Palem Jaya di hari selasa 19 Juli 2022 dan rabu 20 Juli 2022 di Desa Sebarra.

Pengecekan nomor surat keluar

Pembinaan penyelenggaraan administrasi desa merupakan kebutuhan sebuah organisasi setingkat desa mengingat tugas dan fungsi pemerintah desa sebagai wilayah otonom, dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang (UU) sangatlah besar. UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang  Pemerintahan Desa beserta dengan peraturan turunannya seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2014  Peraturan Pelaksana Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa menjadi payung hukum segala urusan di Desa.

administrasi desa termasuk didalamnya surat menyurat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa sering kali tidak sesuai dengan petunjuk teknis dan tata naskah dinas yang ada, sehingga pembinaan sudah menjadi tugas Pemerintah Kecamatan, sehingga desa-desa dapat mengelola administrasi pemerintahan secara tertib, berkelanjutan dan akuntabel.

Salah satu pembinaan yang dilakukan adalah dengan mengecek penomoran surat menyurat, penatausahaan kearsipan. surat keluar yang di buat oleh pemerintah desa sering kali salah dalam penggunaan kode klasifikasi dan indek surat, arsip yang kelola tidak mematuhi  Peraturan Bupati Sanggau nomor 7 Tahun 2011 tentang Tata Kearsipan.

dengan adanya kegiatan pembinaan ini, diharapkan penyelenggaraan pemerintahan di desa dalam pengelolaan surat menyurat dan kearsiapan dikelola secara efektif, efisien, sistematis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *