Pusat Damai, 20 Agustus 2021, bertempat di Pendopo Hutan Enkunyit yang digadang-gadang oleh Kepala Desa Pusat Damai sebagai lokasi hutan berbasis adat dan ecotourism, Kepala Desa Pusat Damai Siprianus atau biasa sapa Joe, mengundang para pihak yang bersengketa mengenai lahan pangan pirbun PTPN XIII dengan luasan kurang lebih 50 x 150 meter persegi dalam blok yang sudah berkekuatan hukum tetap/ bersertifikat, namun masih terjadi perbedaan persefsi letak lokasi sesuai dengan peta yang pernah diterbitkan oleh PTPN XIII.

Pada kesempatan tersebut hadir para pihak yang berharap persoalan yang notabene telah hampir 11 tahun belum selesai, dapat di mediasi oleh Pemerintah Desa dan menghadirkan tokoh masyarakat, tokoh adat dusun, Bidang PU PTPN XIII Kebun Parindu dan pihak Kecamatan. adapun dari pihak Kecamatan yang hadir yakni Laurianus Yoka,SH selaku Sekcam Parindu, Kasi Ekbang Ahin, Kasi Tapem Thomas dan Staf Tratib I Gunadi,A.Md.

Mediasi tersebut, dilakukan melalui tahapan pengecekan lokasi dan obeservasi lapangan melihat tanda batas, parit pemisah blok lahan pangan dan pengecekan tanda-tanda alam yang dapat mendukung asumsi para pihak yang bersengketa, Sekcam parindu mengingatkan para pihak bahwa Pihak Desa dan Kecamatan sifatnya hanya memediasi para pihak, bukan selaku pengambil keputusan, karena otoritas lahan yang sudah bersertifikat adalah BPN/ATR Kabupaten Sanggau, sehingga pihak yang paling berkompeten untuk menetapkan letak lahan sesuai dengan nomor sertifikat dan peta penunjuk lahan adalah BPN/ATR, ujar nya.

Kades Pusat Damai meminta para pihak bersabar, karena pihak desa dan kecamatan akan segera melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk dengan pihak BPN/ATR, apalagi ternyata pada bulan April 2021 pernah dilakukan pengukuran dari BPN, namun belum ada keputusan. kami hari ini juga tidak dapat mengambil keputusan apapun, dan kami tidak mau nanti apa bila diambil keputusan, lalu BPN terlambat mengeluarkan hasil, maka muncul masalah baru. kami akan fasilitasi ini dan selesaikan, sehingga tidak ada warga desa kami bersengketa untuk hal yang sepertinya mudah namun ternyata tidak segampang yang di bayangkan, mohon bersabar.

MEDIASI SENGKETA LAHAN, KADES PUSAT DAMAI AJAK PEMILIK LAHAN CEK LOKASI DI DEKAT HUTAN ENGKUYIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *