DUA DESA DI KECAMATAN PARINDU BAGIKAN BLT-DD TAHAP 1 TAHUN 2021

Jum’at, 23 Juli 2021 2 (dua) Desa di Kecamatan Parindu telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yakni Desa Pusat Damai dan Desa Pandu Raya. Penyaluran tersebut menyasar kepada 108 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk Desa Pusat Damai, dan 35 KPM untuk Desa Pandu Raya. kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Desa dengan menghadirkan KPM, BPD, Pemerintah Kecamatan, Polsek Parindu, Koramil Parindu, dan Pendamping Desa (PD).

Penyaluran BLT-DD kepada KPM di lingkup desa masing-masing dilaksanakan secara terbuka dan transfaran. Dimana sebelumnya telah terlebih dahulu dilakukan proses melalui musyawarah Desa Khusus (Musdesus), sehingga dengan telah disalurkannya BLT-DD ini yang dianggarkan berdasarkan kebijakan dari Pemerintah Pusat yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Desa melalui penetapan KPM oleh Badan Permusyawarah Desa (BPD).

Sekretaris Kecamatan Parindu, Laurianus Yoka,SH mengapresiasi kesigapan dari aparatur desa melalui Kepala Desa dalam mendorong penyerapan anggaran dan penyaluran BLT-DD pada tahap 1 untuk 5 bulan pertama terhitung mulai Januari sampai dengan Mei secara berturut-turut, meski baru bisa dilaksanakan dibulan Juli, sedangkan untuk tahap 2, diharapkan Pemerintah Desa segera menyusun pengajuan pencairan DD tahap 2 kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau setelah terpenuhinya syarat administratif, seperti penyerapan APBD telah mencapai 50%.

diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat terdampak Covid-19, dapat melewati hari-hari sulit yang mungkin dihadapi oleh masyarakat, diharapkan juga masyarakat dapat tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti 5 M secara sadar dan bertanggungjawab, mengingat minimnya kesadaran masyarakat termasuk kesiapan untuk divaksin masih tergolong rendah, belum lagi beredarnya kabar bohong (Hoax) ditengah arus informasi yang begitu instan diterima oleh masyarakat, jika tidak di verifikasi akan berdampak pada ketertiban dan ketentraman umum di dalam masyarakat, ujarnya.

Kasi Trantib Kecamatan Parindu, F.Saragi, turut mensosialisasikan penyelenggaraan ketertiban umum kepada masyarakat di Desa Pusat Damai, agar tetap patuh pada anjuran pemerintah, disampaiknya bahwa pemerintah kecamatan Parindu akan terus bersinergi dengan semua pihak, termasuk Pemerintah Desa Pusat Damai, dalam menggelar operasi penertiban diwilayah kerja Kecamatan Parindu, khususnya di ibukota kecamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *